Sejarah Singkat

Madrasah Aliyah Darul Anwar Boarding School di dirikan pada tahun 2011 tepatnya 18 Juli 2011 yang pada waktu peresmian pendiriannya di hadiri oleh Kepala Seksi MAPENDA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang yaitu Bapak Drs. Nurhasan. Pada tanggal 3 Agustus 2011 Madrasah Aliyah Darul Anwar Boarding School mendapatkan SK izin operasional dari Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Banten dengan nomor SK : Kw. 28.4/4/PP.00/2986/2011.






Madrasah Aliyah Darul Anwar Boarding School bermula dari Pondok Pesantren Salafiyah yaitu Pondok Pesantren Darul Anwar  yang telah berdiri sejak tanggal 01 Januari 1987, yang tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Namun  seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman di tambah dengan semakin maraknya pendirian Sekolah-sekolah umum baik  SMA maupun SMK, minat generasi muda untuk belajar di Pondok Pesantren Salafiyah semakin berkurang hal ini terbukti dengan semakin berkurangnya santri yang belajar di Pondok Pesantren Darul Anwar dari tahun ke tahunnya. Sementara diakui atau pun tidak keberadaan santri di tengah-tengah kehidupan Masyarakat amat sangat diperlukan terutama dalam Kegiatan-kegiatan Keagamaan.

Mensikapi hal demikian pengurus Pondok Pesantren Darul Anwar melakukan evaluasi dan musyawarah yang pada akhirnya memutuskan untuk mendirikan Pendidikan formal dengan tetap mengacu kepada kebutuhan Masyarakat terhadap Tenaga-tenaga yang paham dan terampi dalam Masalah-masalah kegiatan Keagamaan. Maka di dirikanlah Madrasah Aliyah Darul Anwar Boarding School (MADABS) dengan mengambil Jurusan Program Keagamaan. Diharapkan pada Masa-masa yang akan datang santri tidak hanya memiliki ilmu saja tetapi secara duniawinya mereka pun dapat memilki ijazah yang barangkali bisa dipakai untuk melamar pekerjaan atau bisa melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga pada akhirnya mereka akan mampu hidup mandiri di tengah persaingan hidup yang semakin ketat.   

Pada masa awal berdirinya MA Darul Anwar Boarding School hanya memiliki 1 lokal saja dan alhamdulillah pada tahun berikutnya sarana pendidikan mulai di lengkapi dan semoga di Tahun-tahun mendatang sarana dan prasarananya bisa semakin lengkap lagi.


Visi

Terbentuknya kader 'Ulama handal, berwawasan luas dan berpola hidup bijaksana.

Misi

-Mewujudkan lingkungan belajar yang agamis, harmonis dan dinamis

-Mewujudkan suasana belajar yang aman, nyaman dan  menyenangkan 

-Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang bertauhid, berakhlak  mulia berpola pikir cerdas, mawas dan ikhlas

-Mewujudkan pribadi Muslim yang Da`i dan Da`i yang  berkepribadian Muslim


Tujuan Pendidikan

Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berilmu pengetahuan, berwawasan luas, berpola fikir cerdas, berperilaku mawas, ber-Etos kerja dan bermanfaat untuk pribadi, umat dan Masyarakat. 


MA Swasta Darul Anwar Boarding School



Comments