News Pages‎ > ‎

Himbauan untuk All RA dan Madrasah se Kab- Serang

diposting pada tanggal 30 Jul 2016 08.16 oleh MA Darul Anwar Boarding School



Kepada Yth.

1. Ketua Yayasan Penyelenggara Pendidikan
2. Kepala Madrasah (MIS, MTsS dan MAS)
Di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Serang


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah, dan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengesahan Badan Hukum Yayasan.

Dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan RA/Madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat harus memenuhi persyaratan administratif, persyaratan teknis, dan persyaratan kelayakan pendirian madrasah sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 9 Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka :

1. Organisasi penyelenggara pendidikan/yayasan yang menaungi kegiatan pendidikan Madrasah/RA, agar segera melakukan perubahan atau penyesuaian pengesahan Badan Hukum Yayasannya.

2. Kementerian Agama Kantor Kabupaten Serang dalam hal ini hanya akan mengakui keberadaan Madrasah/RA yang Yayasan Badan Hukumnya sudah terdaftar di Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI.

3. Lembaga-lembaga Pendidikan Madrasah/RA yang akan mengajukan/menerima bantuan sarana dan prasarana atau apapun bentuknya wajib melampirkan akta yayasan yang sudah mendapatkan SK Pengesahan dari Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI.

4. Bagi yayasan yang menyelenggarakan pendidikan RA/Madrasah belum memiliki penetapan badan hukum (SK Kemenhukam), agar segera memprosesnya sampai dengan akhir Agustus 2016.

Demikian Surat Edaran disampaikan agar dapat dipedomani sebagaimana mestinya.

Comments